Manajemen

TUGAS EKONOMI MANAJEMEN

Nama : Sheila M. Putri
Kelas : Ips3'19
No. Abs : 25

1. Pengertian Manajemen

Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia.Dari pengertian tersebut.

2. Definisi Manajemen menurut para ahli

•George Robert Terry
George mengartikan manajemen sebagai proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Seluruh tindakan tersebut bertujuan mencapai target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.
•Ricky W. Griffin
Manajemen adalah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Efektif di sini maksudnya tujuan tercapai sesuai rencana, dan efisien berarti bahwa manajemen dilakukan secara cermat, terorganisir, dan tepat waktu.
•Lawrence A. Appley
Mengartikan manajemen sebagai keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tak harus seseorang, keahlian manajemen juga dapat dimiliki oleh organisasi maupun kelompok.

3. Fungsi
Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah aktivitas strategis dengan menyusun hal-hal yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.
Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
~ Pengarahan (Actuating)
Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
~Evaluasi (Controlling)
Evaluasi dilakukan setelah proses kerja dilakukan. Pada proses ini, kinerja dinilai apakah sesuai dengan planning. Pada tahap ini manajemen mengevaluasi keberhasilan dan efektifitas kinerja, melakukan klarifikasi dan koreksi, dan juga memberikan alternatif solusi masalah yang terjadi selama proses kerja berlangsung.

4.Unsur
Human (manusia) Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa adanya manusia maka tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja.
✓ Money ( Uang )
Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan.
✓ Materials ( Bahan )
Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana
✓ Machines ( Mesin )
Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja.
✓ Methods ( Metode )
Dalam pelaksanaan kerja diperlukan metode-metode kerja. Suatu tata cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan.
✓ Market ( Pasar )
Memasarkan produk tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung.

5. Tujuan
Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang kami pilih secara efektif dan efisien.
Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan meninjau situasi dan membuat berbagai penyesuaian dan koreksi jika ada penyimpangan dalam implementasi strategi.
Selalu memperbarui strategi yang kami rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
Selalu meninjau kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
Selalu berinovasi pada aktivitas sehingga kita hidup lebih teratur.

-)Mencapai Tujuan Hidup

Tujuan hidup merupakan rencana. Rencana sebagus apapun akan sia-sia tanpa ada strategi untuk melakukan tindakan. Anda butuh rencana dasar untuk melakukan suatu kegiatan demi mencapai apa yang menjadi tujuan hidupmu. Jangan hanya menjadikan tujuan hidup menjadi khayalan imaginasi saja tanpa melakukan suatu tindakan nyata.

Setiap orang harus memiliki tujuan hidup yang bisa berguna baik bagi diri sendiri maupun untuk orang lain. Jangan asal memiliki tujuan hidup yang tidak bermanfaat karena itu sama dengan sia-sia. Sebagai manusia normal, pasti kita semua ingin bisa hidup lebih baik dari sekarang. Bisa selangkah lebih maju dari kondisi saat ini merupakan suatu proses dari pencapaian dari tujuan hidup.

Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Tanpa ada tujuan hidup, orang akan merasa seperti hampa. Tak ada sesuatu yang ingin dicapai membuat hidup terombang-ambing. Tujuan hidup untuk melakukan segala sesuatu untuk mencapai kebahagiaan harus Anda lakukan. Dengan berpedoman dengan agama, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan batiniah. Dari sini, seseorang akan mendapatkan kebahagiaan yang hakiki sebagai tujuan hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Past act

narrative text

Recount Text